Proposal Penulisan Ilmiah – Pengelolaan Bandwidth dan Penggunaan Firewall dalam Membangun Server Internet di Jaringan Kapukvalley Depok Menggunakan Mikrotik Router OS

PENDAHULUAN

1.1        Latar Belakang Masalah

Kapukvalley adalah sebuah komunitas jaringan berbasis komputer yang berada di wilayah Jl. Kapuk – Margonda Raya, Depok. Teknologi jaringan komputer yang digunakan adalah dengan menghubungkan banyak komputer di setiap rumah-rumah kos untuk terhubung dalam 1 jaringan komputer dan dilayani oleh beberapa server.

Sampai bulan Maret 2012 ini tercatat 56 kos yang saling terhubung dengan jumlah anggota mencapai 429 orang. Jaringan ini tergabung dalam 1 domain dan dilayani oleh beberapa server, antara lain : Domain Server, Messenger Server, Mail Server, Web Server, File Server, Game Server, dan beberapa Internet Gateway.

Salah satu kemajuan teknologi komputer yang paling terkenal memasyarakat adalah internet. Kebutuhan akan akses internet dewasa ini  sangat tinggi sekali. Baik untuk mencari  informasi, artikel, pengetahuan terbaru atau bahkan hanya untuk sekedar chatting saja. Dengan penggunaan internet, dapat dirasakan bahwa dunia ini seakan-akan tidak memiliki batas dilihat secara geografis. Ditambah lagi dengan perolehan semua informasi data yang bisa didapat hanya dalam hitungan detik dimanapun kita berada.

Membangun jaringan komputer baik bersifat LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), ataupun WAN (Wide Area Network), tentunya  membutuhkan suatu media, baik perangkat keras maupun perangkat lunak. Salah satu media perangkat keras tersebut adalah router, yaitu sebuah device yang berfungsi untuk mengatur paket-paket dari sebuah jaringan komputer (internet) ke jaringan komputer lainnya (LAN) ataupun sebaliknya.

Mikrotik adalah salah satu vendor baik perangkat keras maupun perangkat lunak yang menyediakan fasilitas untuk membuat router berbasis komputer (tanpa routerboard). Salah satunya adalah Mikrotik Router OS, ini adalah sistem operasi yang khusus digunakan untuk membuat sebuah router dengan cara menginstalnya ke komputer.

Mungkin kita telah mengenal beberapa nama vendor yang sudah terkenal dalam menangani perangkat keras ataupun perangkat lunak untuk router, tetapi harga yang ditawarkan sangatlah mahal dan tidak terjangkau oleh kalangan mahasiswa. Namun, dengan adanya mikrotik ini, router bisa didapatkan dengan harga yang relatif murah dan ekonomis.

1.2        Ruang Lingkup

Disini akan dibahas tentang pengadaan server internet mulai dari proses instalasi sistem operasi Mikrotik sampai ke konfigurasi untuk membagi bandwidth kepada anggota jaringan Kapukvalley secara merata.

Pengadaan server internet yang baru ini adalah sebagai solusi terhadap permasalahan pada beberapa server internet yang sudah ada sebelumnya, karena pada server – server tersebut tidak memberlakukan sistem pembagian bandwidth yang akhirnya mengakibatkan kecepatan internet pun menjadi tidak stabil disisi anggota.

1.3        Tujuan Penulisan

Menyediakan fasilitas atau jasa internet berlangganan perbulan yang aman, murah dan sehat untuk anggota jaringan Kapukvalley dengan kecepatan internet yang stabil.

1.4        Metoda Penelitian

Data yang digunakan dalam penulisan ini diperoleh dari berbagai sumber, seperti :

  1. Studi lapangan dan observasi, yaitu dengan melakukan uji coba kecepatan pada server internet sebelumnya dan juga dengan mengambil data-data anggota di jaringan Kapukvalley berupa IP Address dan nama komputer sebagai data yang akan digunakan pada sistem operasi mikrotik.
  2. Studi pustaka, yaitu mengambil data dari berbagai sumber buku dan sumber informasi lainnya (internet) sebagai acuan dalam penulisan.

1.5        Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :

BAB I             PENDAHULUAN

Pada bab ini dibahas tentang latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penelitian, dan sistematika penulisan.

BAB II            LANDASAN TEORI

Pada bab ini dibahas tentang jaringan komputer, dasar perangkat jaringan, jenis topologi  fisik jaringan, protokol kumunikasi, protokol OSI, protokol TCP/IP, IP Address, dan sekilas mengenai Mikrotik.

BAB III           PEMBAHASAN DAN PERMASALAHAN

Pada bab ini dibahas tentang analisis masalah, proses instalasi sistem operasi Mikrotik, konfigurasi sistem operasi Mikrotik, sampai ke pembagian bandwidth.

BAB IV          PEMELIHARAAN DAN UJI COBA

Pada bab ini dibahas tentang bagaimana cara pemeliharaan server menggunakan winbox, dan uji coba kecepatan internet.

BAB V            PENUTUP

Pada bab ini dibahas tentang kesimpulan dan saran.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s