Sistem File Pada Komunitas Kapuk Valley

Sebelum saya menjelaskan lebih jauh tentang sistem file pada komunitas jaringan Kapuk Valley, saya akan menceritakan sejarah singkat serta misi dan visi terbentuknya Komunitas ini.

Sejarah Singkat Kapuk Valley

Kapuk Valley adalah suatu komunitas yang berada di wilayah Jl. Kapuk –Margonda, Depok, Jawa Barat. Basisnya adalah dengan penerapan teknologi jaringan computer yang menghubungkan banyak computer di setiap rumah-rumah kost untuk terkoneksi dalam satu jaringan computer yang lebih besar dan dilayani oleh beberapa server. Diawali oleh member-member dari beberapa kost yang sudah terkoneksi dalam satu jaringan, dan akhirnya pada tanggal 17 November 2002 resmilah dibentuk komunitas ini.

Misi dan visi komunitas ini adalah sebagai wadah silaturahmi bagi sesama mahasiswa yang ada di wilayah Jl. Kapuk dan masyarakat pada umumnya, sekaligus sebagai sarana pengenalan serta pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan dan potensi di bidang Information Technology khususnya serta bidang-bidang keilmuan lainnya untuk mencetak mahasiswa-mahasiswa yang memiliki keterampilan dan wawasan yang luas.

Perjuangan pun tak sia-sia, sampai bulan Oktober 2010 ini tercatat 86 kosan yang saling terkoneksi dengan total user aktif sekitar 600 orang dan member 900 orang. Jaringan ini tergabung dalam satu domain yang dilayani oleh beberapa server, antara lain: Domain Server, Messenger Server, Mail Server, Web Server, Game Server, File Server, dan beberapa Internet Gateway.

Sekarang kita telah mengenal apa dan siapakah Kapuk Valley itu, dan untuk selanjutnya saya akan mengenalkan pada anda Sistem File apa saja yang ada di dalamnya. Namun, sebelum itu baiknya kita mengenal juga apa dan siapakah Sistem File itu? Dan seperti apakah bentuknya?

Definisi Sistem Berkas/Sistem File

Sistem berkas merupakan mekanisme penyimpanan on-line serta untuk diakses, baik data maupun program yang berada dalam sistem operasi. Terdapat dua bagian penting dalam sistem berkas, yaitu:

  • Kumpulan berkas, sebagai tempat penyimpanan data, serta
  • Srtuktur direktori, yang mengatur dan menyediakan informasi mengenai seluruh berkas dalam sistem.

Setelah anda mengetahui definisi Sistem File, saya akan mengenalkan pada anda seperti apakah Sistem File yang ada dalam Kapuk Valley dan bagaimana Klasifikasinya.

Sistem File dalam Kapuk Valley

Jaringan Kapuk Valley tergabung dalam satu domain yang dilayani oleh beberapa server, antara lain: Domain Server, Messenger Server, Mail Server, Web Server, Game Server, File Server, dan beberapa Internet Gateway.

Domain Server

Server ini digunakan oleh Kapuk Valley sebagai tempat penyimpanan data pribadi para user-usernya juga sebagai tempat login untuk para membernya yang ingin masuk dalam area ini dan menikmati fasilitas-fasilitas di dalamnya. Karena sifatnya yang tidak mengalami perubahan dalam kurun waktu yang cukup lama maka server ini tergolong sebagai tempat penyimpanan Kelompok Data Tetap.

Messenger Server

Messenger server ini adalah salah-satu fasilitas yang dapat dinikmati para membernya. Karena alasan kesibukan para membernya yang selalu harus berada di depan computer, para sesepuh (administrator) dan para pengurus lainnya pun akhirnya membuat server ini. Server ini digunakan untuk menyimpan data-data para membernya, dimana data-data tersebut adalah salah satu database yang nantinya digunakan untuk me-login dalam messenger tersebut (read: kapuk valley messenger/kames). Karena sifatya demikian maka Sistem File di dalam server ini masuk dalam kateagori penyimpanan Kelompok Data Tetap sama seperti Domain Server.

Mail Server

Untuk dapat bersaing dengan komunitas-komunitas besar lainnya, maka Kapuk Valley membuat Mail Server sebagai tempat penyimpanan data data-data user yang ingin saling berkirim email. Karena kubutuhan user yang sangat besar dalam sekali pengiriman dan masalah SPAM, server ini sempat beberapa kali down akibat kelebihan muatan yang dibuat para Flooder iseng yang ingin membuat sensasi dengan mengirimkan email secara berulang ke semua user yang ada dalam satu wilayah Kapuk Valley.

Web Server

Server ini termasuk dalam salah-satu fasilitas yang dapat dinikmati oleh para Kavaler (sebutan untuk para user/member) selain Kaval Messanger. Server ini memuat file-file source code php & sql yang sifatnya selalu mengalami perubahan setiap kali peng-update-an. Oleh karenanya Sistem File di dalamnya digolongkan pada Kelompok Data Tak Tetap. Karenanya juga Kapuk Valley mempunyai suatu forum diskusi yang dapat digunakan sebagai sarana menuai dan sharing informasi, lowongan kerja, multimedia, pengetahuan, berita-berita uptodate, dan sebagainya yang memanfaatkan Server ini sebagai tempat penyimpanan datanya.

Game Server

Setiap orang pasti memerlukan kebutuhan tersier sebagai penunjang hidupnya, seperti refreshing dengan cara bermain game. Dengan Game Server yang dibuat Kapuk Valley ini para member tidak perlu khawatir akan kejenuhannya jika tidak memiliki atau terkoneksi dengan internet. Karena Game Server ini bersifat offline yang mana para member yang tidak terhubung internet pun dapat menikmati fasilitas ini asalkan dia terdaftar dalam angota Kapuk Valley. Dengan Game Server ini juga para Gamers dalam satu area Kapuk Valley bisa saling menunjukkan Skill-nya dalam bermain game dengan mengadakan Battle atau pertarungan sesama anggota Kapuk Valley.

File Server

Di dalam file server ini semua fasilitas dari Kapuk Valley bisa dinikmati. Mulai dari menonton Film-film yang selalu Up-To-Date, sampai dengan mencoba Software-software terbaru dari Product-product terkenal. Para pengurus Kapuk Valley berencana menambah kapasitas atau media penyimpana dalam Server ini seiring kebutuhan dan kemajuan dalam bidang Multimedia yang memungkinkan dalam satu film dapat memakan ruang sebesar 30GB karena ketajaman graphic film yang dihasilkannya menyamai Film-film yang yang diputar di Bioskop-bioskop dan sebagainya.

Sekarang kita telah mengenal File Sistem dalam Kapuk Valley berikut fasilitas-fasilitas yang diberikannya. Namun seperti apakah jenis-jenis file didalamnya kita belum banyak mengetahuinya. Berikut ini adalah table pengelompokan Jenis-jenis Berkas dalam Sistem File Kapuk Valley.

Server Jenis Berkas Ekstensi
Domain Server Executable, Batch, Library .bin, .exe, .bat, .sh, .dll, .lib
Messenger Server Batch, Gambar .bat, .gif, .jpeg
Mail Server Archive, Gambar, Text .zip, .gif, .jpeg, .doc, .xlc
Web Server Source Code .java
Game Server Batch, Executable .bat, .exe
File Server Executable, Musik, Film .exe, .mp3, .mpg, .mkv, .avi

Sedikit ulasan mengenai Sistem File Kapuk Valley dalam wawancara yang saya lakukan dengan Administrator Kapuk Valley. Let’s Connected!

One response to “Sistem File Pada Komunitas Kapuk Valley

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s